Cara Menghilangkan Noda Karat Pada Mangkuk Toilet

Cara Menghilangkan Noda Karat Pada Mangkuk Toilet. Noda karat dalam mangkuk toilet disebabkan oleh penumpukan mineral dari air. Air mengandung sejumlah mineral, terutama zat besi, yang dapat meninggalkan noda coklat atau merah bila dicampur dengan oksigen. Noda ini dapat terutama terlihat pada permukaan putih, dan porselen berpori dari mangkuk toilet membuat karat penghapusan noda sangat mengganggu. Zat asam umumnya efektif menghilangkan noda karat yang disebabkan oleh penumpukan zat besi.

Cara Menghilangkan Noda Karat Pada Mangkuk Toilet

Untuk menghilangkan noda Kerak pada mangkuk toilet, anda harus menemukan produk yang tepat. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan dari noda karat akan tergantung pada tingkat keparahan noda. Jika noda telah ada selama bertahun-tahun, Anda mungkin harus merendam atau menggosok dalam waktu yang lama, kadang-kadang semalam. Produk yang berbeda bisa saja akan bekerja lebih baik pada bahan yang berbeda, selalu lakukan eksperimen dari setiap produk untuk mengetahui batasan penggunaan dan tindakan pencegahan keselamatan yang harus diambil. Untuk diketahui bahwa cuka dan baking soda biasanya tidak akan bekerja pada noda karat yang sudah parah.

Salah satu cara paling sederhana untuk menemukan produk penghapusan karat adalah meminta penjual produk apa yang sesuai untuk keadaan toilet anda. Jika anda pergunakan batu apung maka berhati - hatilah ketika anda menggosoknya, jangan sampai merusak mangkuk toilet. Penggosokan tersebut dapat menyebabkan abrasi sehingga memecah mineral (karat). Anda juga dapat mencoba untuk menghilangkan noda karat dengan menenaburkan garam meja ke daerah yang ber-karat dan kemudian menuangkan jus lemon di atasnya; jus lemon dan garam akan menyerap karat. Jangan takut untuk meninggalkan campuran jus karat / lemon selama periode waktu yang panjang; dapat dibiarkan selama berjam-jam jika perlu. Anda akan dapat melihat penyerapan karat dengan mencatat perubahan warna dalam pengobatan.

Ada produk yang murni diperuntukkan untuk menghilangkan karat. CLR, merupakan singkatan dari kalsium, kapur dan karat, merupakan produk kimia yang akan menghilangkan noda bila diterapkan. Baca label petunjuk sebab ini bahan kimia yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Beriku kami sajikan beberapa langkah dalam menghilangkan oda karat dalam mangkuk toilet :
1. Putar penutup toilet yang terletak di belakang toilet searah jarum jam untuk mematikan aliran air ke tangki. Siram toilet untuk mengalirkan air dari mangkuk.
2. Campurkan 1/2 cangkir borak dengan 1/4 cangkir jus lemon dalam sebuah wadah. Aduk borak dan jus lemon menggunakan sendok hingga membentu pasta.
3. Sebarkan pasta buatan tersebut pada permukaan mangkuk toilet yang ber-karat sendok. Diamkan selama 30 menit.
4. Basahi spons penggosok dengan air dan gosok pasta buatan tersebut. Bilas spons lalu gunakannya untuk membersihkan pasta dari mangkuk toilet.
5. Periksa toilet apakah ada sisa garis-garis cokelat. Jika karat tetap ada, buka semua jendela di daerah untuk menyediakan ventilasi dan mengenakan sarung tangan karet pembersih.
6. Semprot garis-garis coklat karat dengan pembersih komersial toilet yang mengandung asam klorida tetapi tidak mengandung pemutih. Ikuti sesuai dengan dosis pemakaian.
7. Gosok garis-garis coklat karat dengan sikat toilet sampai mereka benar - benar bersih.
8. Putar penutup toilet yang berlawanan untuk mengaktifkan aliran air ke tangki. Tuangkan 1 galon air ke dalam mangkuk dan flush untuk membilas bersih. Selesai

Catatan :
- Jika Anda sudah mencoba semua metode di atas untuk menghilangkan noda karat dan mereka masih terlihat, mungkin sudah saatnya untuk mengganti toilet. Jika porselen telah menipis dari waktu ke waktu dan logam di bawahnya terkena, sering akan mulai karat dan tidak ada cara untuk menghentikannya selain mengganti.
- Jangan gunakan pemutih untuk menghilangkan noda karat dari toilet. Pemutih akan membuat lebih sulit untuk menghilangkan dalam jangka panjang.

Semoga ulasan ini memberi manfaat buat anda. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca Cara Menghilangkan Noda Karat Pada Mangkuk Toilet.




3 komentar:

  1. sip, patut dicoba ini tipsnya biar toilet di rumah tampak kinclong...
    makasih om sharingnya :)

    BalasHapus
  2. di youtube ada yg pernah membahas membersihkan noda di toilet memakai coca cola. pernah coba juga gak?

    BalasHapus
  3. @Bimakura : sama2 dan terima kasih sudah mampir
    @brillie : belum, kalau pakai cuka sudah :)

    BalasHapus